Tutorial untuk Membuat Pelindung Kabel


Dalam kehidupan kita sehari-hari, dewasa ini tiada hari tanpa bersentuhan langsung dengan kabel-kabel—yang terutama kabel charger dari smartphone. Dalam sehari, barangkali paling sedikit dua kali kita membutuhkan kabel charger untuk mengisi ulang daya ponsel. Akibat dari seringnya pasang-cabut kabel tersebut, ujung kabel yang berdekatan dengan kepala colokan kabel akan mengalami patah (bagian dalam) dan kerusakan seiring waktu, akibat tertekuk saat pemakaian maupun penyimpanan.
Melalui metode simpul Tiongkok (Chinese knotting), ternyata kita juga dapat membuat sendiri pelindung kabel yang efisien, cantik, mudah, dan murah. Bagaimana caranya?

Luangkan waktu hanya 20 menit, Anda akan segera mendapatkan pelindung kabel istimewa kreasi sendiri.

Mari kita mulai! 


1. Pertama, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, yakni kabel charger yang hendak dilindungi, gunting, mancis, tali satin (±40 cm—tergantung keinginan). (lihat gambar)


 2. Tempatkan tali satin di bawah kabel. Untuk menahan kabel agar tidak bergerak, dapat dibantu dengan dua buah jarum pentul.


3. Buat simpul seperti gambar.

  4. Tarik dan ketatkan tali; geser hingga ke batas atas ujung kabel.

 5. Buat simpul kedua seperti gambar.

 6.  Tarik simpul dan ketatkan. Geser dan rapatkan dengan simpul pertama.


7. Ulangi langkah 3 sampai 6, hingga mencapai panjang secukupnya (sesuai keinginan). Lalu gunting sisa tali. Bakar/panaskan dengan mancis dan rekatkan.
(Berhati-hatilah saat memanaskan. Jangan mengenai kabel)

 8. Simpul pelindung kabel telah jadi! Mudah dan sangat bermanfaat, bukan? Nah, sekarang coba
 kreasikan dengan warna-warna lain kesukaanmu pada ujung kabel lainnya. Selamat berkreasi, Knotting Lover!

Prev Next home

Entri Populer